Tentang Kami

Program Technopark SMK PGRI 1 Gresik  merupakan pengembangan dari program Teaching Factory  yang sudah berjalan  selama  satu tahun  di SMK PGRI 1 Gresik mulai tahun 2017. Pelaksanaan Program Teaching Factory  di SMK PGRI 1 Gresik dinilai sangat berhasil oleh Tim Penilai dari Direktorat Jendral PSMK  Jakarta, sehingga pada tahun 2018 ini ,SMK PGRI 1 Gresik mendapat kepercayaan dari Direktorat Jendral PSMK untuk melaksanakan program yang lebih tinggi lagi yaitu Technopark.

Technopark SMK PGRI 1 Gresik dicanangkan sebagai pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan di SMK yang dapat  menghubungkan Dunia Pendidikan (SMK) dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha  yang relevan untuk diajak bekerja sama. Beberapa Produk Industri yang bisa dikerjakan 0leh siswa siswa SMK PGRI 1 Gresik, melalui program Technopark ini, pekerjaan pembuatan produk tersebut  bisa dikerjakan oleh siswa di sekolah.Dengan demikian  secara tidak lngsung akan melatih siswa siswa untuk berwirausaha.

Untuk mendorong Inovasi, Lembaga Technopark SMK PGRI 1 Gresik berupaya melakukan berbagai program kegiatan yang terkait dengan inovasi  diantaranya  Program Pengembangan Kewirausahan dari masing masing program keahlian yaitu :

  1. Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan (TKR)
  • UPJ : Rikhat Motor                   ( Bengkel Mobil )
  • UPJ : Diky Motor   ( Bengkel Sepeda Motor )
  1. Program Keahlian Teknik Alat Berat ( TAB)
  • Bengkel Resmi Kubota ( Kerja sama dengan PT Kubota Indonesia )
  1. Teknik Pemesinan ( TPM )
  • UPJ : Produk Bandulan anak- anak dan pagar /Trales
  • Produk Key Retainer ( Kerja sama dengan PT Barata Indonesia )
  • Mesin Dowel Kayu ( Kerja sama dengan PT Indospring Tbk)
  1. Teknik Gambar Bangunan ( TGB )
  • Desain Gambar Rumah / Bangunan beserta RAB nya ( sebagai Konsultan )
  1. Teknik Kimia
  • Produksi Sabun Cuci Kendaran, Shampo, serta sabun mandi.
  • Biodiesel dari limbah minyak goring
  1. Teknik Pembangkit Tenaga Listrik ( TPTL )
  • Generator Magnit.

Disamping program Pengembangan  Kewirausahaan di atas, masih ada kegiatan – kegiatan lain yang terkait dengan inovasi yaitu kesadaran pada hak kekayaan intelektuail ( HAKI), serta membangun ekosistem inovasi  yang diwujudkan secara kelembagaan  dalam bentuk devisi- devisi dalam organisasi  Technopark SMK PGRI 1 Gresik.

Lembaga Technopark SMK PGRI 1 Gresik ini merupakn lembaga di bawah koordinasi langsung Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab, dibantu oleh seorang kepala Technopark  dan tiga orang  Ketua Devisi yaitu Devisi Kewirausahaan, Devisi HAKI dan Devisi Inovasi.

VISI

Menjadi Lembaga Technopark  yang handal dan terkemuka  dalam upaya mengantarkan anak didik / Alumni menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan inovatif melalui pengembangan kewirausahaan  sehingga hidup sejahterah.

MISI

Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan anak didik/ alumni melalui kegiatan pengembangan inovasi dan kewirausahan yang bermutu, bermanfaat langsung, dan berdampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan anak didik/ alumni.

Melakukan mediasi dan koordinasi dengan berbagai Dunia Usaha dan Dunia Industri  dalam rangka menjalin kemitraan usaha.